Iklan

Senin, 11 September 2023, 14.37.00 WIB
ACEH SINGKILNEWSPEMERINTAH

Pemkab Aceh Singkil Proyeksikan Pendapatan Tahun 2024 Rp 796,3 Miliar

Iklan
Pj Bupati Aceh Singkil Azmi


Penaaceh.com, Singkil - Pemerintah daerah kabupaten Aceh Singkil memproyeksikan Pendapatan tahun 2024 mendatang sebesar Rp 796,3 miliar lebih. Jumlah tersebut terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 56,1 miliar, transfer sebesar Rp 730,2 miliar, dan pendapatan lainnya yang sah mencapai Rp 9,9 miliar.


Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Bupati Aceh Singkil, Azmi, dalam rapat pengantar rancangan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA - PPAS) tahun 2024. Rapat tersebut dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRK, unsur Forkopimda, serta jajaran kepala SKPK pada Senin (11/09/2023).


Program prioritas yang akan diwujudkan dari anggaran tersebut telah dirumuskan menjadi tujuh program, yaitu pelaksanaan pemilu serentak, penerapan Good Governance, peningkatan sarana dan prasarana pelayanan dasar, serta penurunan angka kemiskinan.


Selanjutnya, Azmi menjelaskan bahwa dana tersebut juga akan digunakan untuk optimalisasi pengembangan sektor unggulan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), peningkatan infrastruktur mitigasi bencana, pelestarian lingkungan hidup, serta menciptakan kondisi daerah yang kondusif berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal.


Dalam pidatonya, Bupati Aceh Singkil juga menjabarkan bahwa target belanja tahun 2024 diproyeksikan mencapai Rp 803,1 miliar. Kebijakan pembiayaan daerah diarahkan untuk pengamanan sisa perhitungan anggaran tahun lalu, dengan rencana penerimaan pembiayaan daerah tahun 2024 melalui pemanfaatan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2023.


Dalam perbandingan antara pendapatan dan belanja tahun 2024, terdapat defisit sebesar Rp 6,7 miliar lebih yang direncanakan akan ditutup dengan penerimaan daerah Silpa sebesar Rp 8 miliar. Selain itu, pengeluaran mencakup pemberian modal kepada Bank Aceh sebesar Rp 1,2 miliar. (Redaksi).

Close Tutup Iklan