Iklan

Selasa, 22 Agustus 2023, 17.40.00 WIB
ADVPENDIDIKAN

Puluhan Guru di Aceh Singkil Ikuti In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka

Iklan




Aceh Singkil, PenaAceh.com - Sebanyak puluhan guru dari Kabupaten Aceh Singkil mengikuti kegiatan In House Training (IHT) dengan tema "Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) 2023." Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik sehingga mereka dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam proses belajar mengajar secara optimal.


Kegiatan IHT ini dilaksanakan di UPTD SPF SD Negeri 1 Singkohor, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, pada Selasa (22/8/2023). Sebanyak 40 guru, termasuk guru kelas dan kepala sekolah dari gugus 16 di beberapa sekolah dasar di Kecamatan Singkohor, turut serta dalam kegiatan tersebut.


Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, Sugiarto, menjelaskan bahwa pelatihan ini memberikan materi terkait pengenalan Platform Merdeka Mengajar dan pembuatan perangkat Kurikulum Merdeka kepada para guru.


"Kegiatan ini sangat penting untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada proses belajar mengajar dengan optimal," tambah Sugiarto, S.Pd.


Menurutnya, Implementasi Kurikulum Merdeka adalah salah satu program prioritas yang melibatkan berbagai pihak, termasuk Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).


Sugiarto berharap agar para tenaga pendidik yang mengikuti kegiatan ini dapat serius dalam memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing. Dengan demikian, kualitas pembelajaran yang diselenggarakan oleh tenaga pendidik dapat terus ditingkatkan.


Kurikulum Merdeka adalah upaya inovasi dalam sistem pendidikan di Indonesia, yang bertujuan untuk memberikan lebih banyak kewirausahaan dan kreativitas kepada siswa. Dengan pelatihan seperti IHT ini, para guru di Aceh Singkil diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam proses pendidikan.


**Ditulis oleh: Redaksi PenaAceh.com**

Close Tutup Iklan