Iklan

Senin, 21 Agustus 2023, 14.55.00 WIB

Ketua Baitul Mal Aceh Singkil Hadiri Rakornas BAZNAS di Jakarta

Iklan

H.Muhammad Saripuddin Berutu, Ketua Baitul Mal Aceh Singkil.

 

PENAACEH Jakarta - Ketua Baitul Mal Aceh Singkil, H Muhammad Saripuddin Berutu mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Se Indonesia yang diselenggarakan di The Sultan Hotel dan Residen, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023). 


Kegiatan Rakornas BAZNAS ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 20 hingga 22 September 2023. Rakornas BAZNAS Se-Indonesia ini dihadiri sekitar 1.500 perwakilan dari 34 BAZNAS Provinsi se-Indonesia dan 514 Baznas kabupaten/kota acara dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Prof. KH. Ma’ruf Amin. 


Dalam sambutan Wapres kata Saripuddin mengatakan bahwa potensi zakat di Indonesia mencapai sekitar Rp 350 Triliun. “Kita tahu potensi zakat itu di Indonesia besar sekali mencapai 350 triliun. Itulah tugas BAZNAS bagaimana mengambilnya. Oleh karena itu, pak Wapres berharap BAZNAS dapat melakukan inovasi-inovasi dalam mencapai potensi zakat tersebut,” katanya.


Wapres menjelaskan bahwa keberadaan BAZNAS RI merupakan mitra strategis Pemerintah dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim pada tahun 2024 dengan strategi mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dan pemberdayaan, serta pengembangan ekonomi masyarakat.


“Program BAZNAS juga adalah solusi untuk mengurangi kemiskinan ekstrim, sebab keberadaan zakat sangat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia," katanya 


Selain dari BAZNAS RI ungkap Saripuddin dalam kegiatan Rakornas juga menghadirkan narasumber dari kalangan Menteri, diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, Menkopolhukam Mahfud MD, dan sejumlah menteri kabinet Jokowi lainnya. 


“Para narasumber juga banyak dari menteri. Baznas juga kerjasama dengan BPKH (Badan pengelolaan keuangan Haji) dan kegiatan ini juga disponsori oleh pihak perbankan,"Katanya (Redaksi).

Close Tutup Iklan