Iklan

Kamis, 24 Agustus 2023, 11.00.00 WIB
ACEH SINGKIL

RSUD Aceh Singkil Raih Penghargaan Keselamatan Radiasi Pasien Dari BAPATEN

Iklan


Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Singkil mendapat penghargaan "Optimisasi Keselamatan Radiasi pada Pasien Radiologi" dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). 


Penghargaan Optimisasi Keselamatan Radiasi pada Pasien Radiologi diserahkan kepada Direktur RSUD Aceh Singkil dr.Mardiana, M.K.M oleh BAPETEN saat Anugerah BAPETEN 2023 di Yogyakarta 22 Agustus 2023, acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap individu dan organisasi yang telah berperan aktif dalam menjaga keselamatan dan keamanan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia. Kegiatan ini telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2015.


Tema tahun ini adalah "Pengawasan Tenaga Nuklir Menyongsong PLTN sebagai Pilihan Transisi Energi Menuju Net Zero Emission."


Rumah Sakit Aceh Singkil meraih penghargaan ini karena telah menunjukkan komitmen dan performa yang sangat baik dalam keselamatan radiasi dan penerapan optimasi keselamatan radiasi pada pasien radiologi. Penghargaan ini diberikan dalam upaya mendorong lebih banyak organisasi dan individu untuk menjaga keselamatan radiasi.


Penghargaan Anugerah BAPETEN diberikan dalam 6 (enam) kategori meliputi Pemegang Izin bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; Petugas Proteksi Radiasi bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; Petugas Deklarasi Protokol Tambahan; Pengurus Bahan Nuklir Terbaik; Petugas Pengurus Bahan Nuklir Teraktif; dan Laboratorium Dosimetri Eksterna yang memiliki komitmen dan performa sangat baik dalam Keselamatan Radiasi dan/atau Keamanan Sumber Radioaktif serta dalam hal penerapan optimasi keselamatan radiasi pada pasien radiologi.


Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo, yang mengatakan bahwa industri nuklir memiliki peran strategis dalam pembangunan berkelanjutan dan kemandirian energi. Namun, keselamatan nuklir tetap menjadi prioritas utama. Penghargaan ini juga membantu meningkatkan citra industri nuklir Indonesia di mata dunia.


Selain penghargaan, acara ini juga mencakup presentasi tentang Online Single Submission (OSS) dan kebijakan pengawasan PLTN dalam mencapai Net Zero Emission.


Anugerah BAPETEN yang ke-9 pada tahun 2023 ini BAPETEN memberikan penghargaan kepada Pemegang Izin sebanyak 173 (seratus tujuh puluh tiga) untuk instansi medik; 173 (seratus tujuh puluh tiga) untuk instansi penelitian dan industri; 38 (tiga puluh delapan) instansi untuk kategori Optimisasi Keselamatan Radiasi pada Pasien Radiologi; 4 (empat) Laboratorium Dosimetri Eksterna; 5 (lima) orang Petugas Proteksi Radiasi (PPR); 1 (satu) orang Petugas dalam Aspek Safeguards dan Protokol Tambahan dan 1 (satu) orang Pengurus Bahan Nuklir Terbaik, dan terakhir 1 (satu) orang Petugas Pengurus Bahan Nuklir Teraktif. Sehingga, total penerima Anugerah BAPETEN Tahun 2023 ini sebanyak 396 Instansi dan/atau perorangan.

Close Tutup Iklan