Iklan

Rabu, 12 Juli 2023, 19.56.00 WIB
PENDIDIKAN

Ratusan Siswa SD dan SMP di Aceh Singkil Ikuti Lomba Literasi Numerasi

Iklan

Plt Kadisdikbud Aceh Singkil Junaidi Menyerahkan Hadiah Kepada Siswa Yang Menjuarai Lomba Literasi Numerasi tersebut, Rabu 1 (12/7/2023).

PENAACEH Singkil-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Aceh Singkil gelar lomba literasi numerasi tingkat SD dan SMP yang digelar serentak di 12 titik lokasi Sekolah di 11 Kecamatan, Selasa (4/7/2023)


“Lomba untuk jenjang SMP dilaksanakan pada hari selasa, Tanggal 4 Juli, sementara untuk jenjang SD dilaksanakan Sabtu, 8 Juli,” Kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Junaidi melalui Sugiarto selaku kabid Pembinaan Ketenagaan dan Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil.


Sugianto menjelaskan tujuan diadakannya lomba tersebut dalam rangka membangun budaya kompetisi siswa sekaligus mengasah kemampuan anak anak didik dalam bidang literasi dan numerasi.


Siswa sangat antusias tinggi dari sekolah, tentu menjadi kekuatan tersendiri bagi dinas pendidikan dalam melaksanakan program - program selanjutnya,” lanjut Sugianto 


Sugiarto juga menyampaikan hampir seluruh sekolah jenjang SD dan SMP Se-kabupaten Aceh Singkil sangat antusias mengikuti kegiatan ini. "Kegiatan ini diikuti oleh 115 Siswa/i dari110 Sekolah Dasar dan 72 Siswa/i dari 43 Sekolah Menengah Pertama, artinya 98% sekolah yang ada di Aceh Singkil ikut berpartisipasi,” jelas Sugiarto


Adapun teknis soal yang diujikan dalam lomba kali ini kata dia adalah soal - soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum), dengan jumlah 50 butir soal dan waktu penyelesaian selama 120 menit,” ungkapnya.


Pj.Bupati Aceh Singkil, Marthunis saat membuka kegiatan lomba ini secara daring mengharapkan melalui lomba tersebut seorang anak mampu membuat keputusan dari suatu situasi atau masalah.


“Melalui lomba ini siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan literasi numerasi untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pertimbangan yang logis,” harap Marthunis.


Marthunis juga menambahkan “Peserta didik juga akan memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan kegiatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.


Adapun yang menjuarai acara tersebut, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Hot Maria Novita Zepanya Tumangger dari UPTD SPF SMP 4 Gunung Meriah meraih juara 1.


Hadiatul Maghfirah dari UPTD SPF SMP 1 Gunung Meriah meraih jura 2, dan Juara 3 diraih oleh Izzati Syaza juga dari UPTD SPF SMP 1 Gunung Meriah.


Sementara untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Khalifatul Fathya Abqory dari UPTD SPF SD Negeri 1 Rimo meraih juara 1, Althafunnisa Kayyisah Kaffani meraih juara 2 dari UPTD SPF SD Negeri 2 Pasar, dan Duratun Nasywa juga dari UPTD SPF SD Negeri 2 Pasar meraih juara 3.

Close Tutup Iklan