Iklan

Selasa, 11 Juli 2023, 12.42.00 WIB
ACEH SINGKIL

Pemkab Aceh Singkil Minta Wali Murid Dampingi Siswa

Iklan
Plt Kadisdik Aceh Singkil Junaidi


Singkil - Dalam rangka Gerakan Transisi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ke SD/MI (Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah) yang menyenangkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil mengeluarkan surat edaran Bupati Aceh Singkil Nomor 420/878 Tanggal 07 Juli 2023, tentang penerapan masa perkenalan bagi peserta didik baru pada sekolah SD/MI. Pengumuman ini mengacu pada aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Surat Edaran dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.


Dalam surat edaran itu dinyatakan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor 0759/C/HK.04.01/2023 tentang Penguatan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar Awal, penerapan masa perkenalan bagi peserta didik baru pada sekolah SD/MI di Kabupaten Aceh Singkil diatur sebagai berikut:


Satuan Pendidikan SD/MI akan menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama. Masa ini bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah, guru, dan teman-teman sekelasnya.


Orang Tua/Wali Murid diharapkan dapat mendampingi peserta didik baru pada hari pertama masuk sekolah SD/MI. Kehadiran orang tua/wali murid sangat penting dalam memberikan dukungan dan memberikan rasa nyaman bagi anak.


Kepala SKPK/Camat serta Tokoh-Tokoh Masyarakat juga diharapkan hadir di SD/MI terdekat untuk menyambut dan memberi motivasi kepada siswa baru. Dukungan dari pihak-pihak terkait akan memberikan semangat dan rasa percaya diri kepada peserta didik baru.


Orang Tua/Wali Murid diharapkan membangun komunikasi yang baik dengan guru agar dapat menyelaraskan upaya dalam memberikan stimulasi kemampuan dasar anak di rumah dan di sekolah. Kerjasama antara orang tua dan guru sangat penting dalam mendukung perkembangan anak.


Satuan Pendidikan SD/MI akan menyediakan booklet yang berisi informasi tentang perubahan pendekatan pembelajaran terhadap anak. Hal ini bertujuan agar guru, tenaga kependidikan, dan terutama orang tua, memahami metode pembelajaran yang diterapkan sehingga dapat memberikan dukungan yang lebih efektif dalam pendidikan anak.


Dengan adanya penerapan masa perkenalan bagi peserta didik baru pada sekolah SD/MI di Kabupaten Aceh Singkil, diharapkan proses transisi dari PAUD ke SD/MI dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi anak-anak serta membangun fondasi pendidikan yang kuat.

Close Tutup Iklan