Iklan

Sabtu, 29 Juli 2023, 10.08.00 WIB
ACEH SINGKILPENDIDIKAN

Disdikbud Aceh Singkil Gelar Pelatihan Tekhnik Penyusunan Soal

Iklan



Aceh Singkil - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil menggelar pelatihan tekhnik pembuatan soal ujian berkualitas terhadap 97 guru tingkat SD dan SMP. 


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam menyusun soal ujian yang berkualitas guna mendukung peningkatan mutu pendidikan di daerah tersebut.


Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan (GTK) Disdikbud Aceh Singkil, Sugiarto, menyampaikan bahwa pelatihan ini penting untuk mengasah kemampuan guru dan siswa dalam membuat soal-soal ujian yang bermutu.


"Pelatihan ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan guru dalam menyusun soal, dengan adanya soal ujian yang berkualitas, akan menghasilkan evaluasi yang akurat terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran", Kata Sugi.


Kegiatan pelatihan dengan tema "Soal Uji yang Bermutu akan Melahirkan Hasil Uji yang Berkualitas" berlangsung selama tiga hari, mulai 27 hingga 30 Juli 2023, dan digelar di Hotel Island Singkil. Peserta pelatihan terdiri dari 60 guru perwakilan dari Sekolah Dasar (SD) dan 37 guru perwakilan jenjang setingkat SMP.


Pelatihan ini melibatkan narasumber ahli dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan. Dr. Mandra Saragih, Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU Medan, Suci Perwita Sari, Ketua Prodi PGSD FKIP UMSU, dan Sri Wahyuni, Dosen tetap FKIP UMSU Medan, menjadi narasumber yang hadir dalam kegiatan ini.


Sugiarto menambahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil berkomitmen untuk terus mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di wilayahnya dan berfokus pada pengembangan kurikulum yang sesuai dengan standar ujian olimpiade, untuk menghasilkan generasi penerus yang berprestasi. Semoga, jumlah guru penggerak di Aceh Singkil juga dapat terus meningkat untuk mewujudkan visi pendidikan yang lebih baik di daerah ini.

Close Tutup Iklan