Iklan

Jumat, 02 Juni 2023, 14.30.00 WIB
PENDIDIKAN

27 Guru Aceh Singkil Lulus Pendidikan Guru Penggerak

Iklan


Aceh Singkil - Kabupaten Aceh Singkil menjadi salah satu daerah yang menjadi sasaran program ini sejak tahun 2022, dengan PGP Angkatan 6 menjadi angkatan pertama di wilayah tersebut. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Singkil Subulussalam aktif mendorong dan memotivasi guru-guru untuk mendaftar dan mengikuti seleksi rekrutmen PGP.


Proses seleksi PGP di Aceh Singkil diawali dengan pendaftaran hampir 200 orang guru. Melalui seleksi tahap 1 dan tahap 2 yang dilakukan oleh tim asesor dari Kemendikbudristek, sebanyak 28 guru berhasil lulus seleksi dan menjadi peserta Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6. Proses pendidikan ini berlangsung selama lebih dari 6 bulan, dimulai dari akhir

Agustus 2022 hingga Mei 2023. Para calon guru penggerak (CGP) ini menjalani pendidikan dengan menggabungkan metode daring dan luring sambil tetap melaksanakan tugas di tempat tugas masing-masing.


Pada tanggal 31 Mei 2023, Ditjen GTK Kemendikbudristek, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd secara resmi menutup Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 melalui sesi daring dan live streaming. Sebanyak 27 CGP dari Kabupaten Aceh Singkil dinyatakan lulus dan menerima sertifikat kelulusan langsung dari Kemendikbudristek melalui akun SIMPKB masing-masing.


Selain itu, terdapat 41 orang guru dari Aceh Singkil yang telah lulus seleksi sebagai calon peserta Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, yang direncanakan akan memulai proses belajar pada bulan Juli atau Agustus mendatang.


Sugiarto, S.Pd selaku Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil berharap agar semakin banyak guru yang mengikuti program PGP di masa depan.


"Dengan melihat proses seleksi dan pendidikan ini, kami yakin bahwa para guru yang lulus dalam PGP ini akan mampu menjadi pionir transformasi pendidikan di Aceh Singkil ke arah yang lebih baik dan maju sesuai dengan perkembangan pendidikan saat ini," ujar Sugiarto.


Handoko, S.P, M.Eng selaku Kasie. Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan Cabdin Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Singkil dan Subulussalam juga memberikan apresiasi terhadap gerakan Guru Penggerak di Aceh Singkil. Pihaknya telah membantu dan memfasilitasi kegiatan pelatihan yang telah sukses dilaksanakan di UPTD SPF SMP Negeri 3 Gunung Meriah.


Ahmad Akbar, M.Pd, salah seorang Guru Penggerak Angkatan 6 yang juga menjadi Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Aceh Singkil, mengajak rekan-rekan guru untuk mendaftar dan berjuang ikut PGP yang memberikan manfaat yang sangat berharga.


"Kami mengajak rekan-rekan guru untuk mendaftar dan berjuang ikut PGP. InsyaAllah, program ini sangat bermanfaat dan tidak ada kerugian sama sekali," ajak Ahmad Akbar.


Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan program nasional yang bertujuan untuk mengembangkan kepemimpinan guru sebagai pemimpin pembelajaran dan agent of change dalam transformasi pendidikan di Indonesia. 

Close Tutup Iklan