Iklan

Kamis, 02 Maret 2023, 12.57.00 WIB
ACEH SINGKILKESEHATAN

Upaya Peternak Aceh Singkil Cegah Flu Burung

Iklan
Ketua Kelompok Tani Sidoreti, Warsono melihat ternak milik Heri Purwanto


PENAACEH, Aceh Singkil - Meskipun belum terdapat kasus flu burung di Kabupaten Aceh Singkil, namun sejumlah peternak unggas di wilayah itu mulai melakukan tindakan pencegahan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi agar terhindar dari wabah flu burung yang dapat merugikan para peternak dan masyarakat setempat.


Seperti yang dilakukan para peternak unggas yang tergabung dalam Kelompok Tani Sidoreti di Desa Sidorejo Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil.


Anggota kelompok itu saat ini lebih sering membersihkan kandang dan menyemprotkan disinfektan. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran virus flu burung yang dapat menginfeksi unggas dan menyebar ke manusia.


Ketua Kelompok Tani Sidoreti, Warsono ketika wawancara di peternakan ayam milik Heri Purwanto mengatakan, selain membersihkan dan menyemprotkan kandang, para peternak juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan dinas terkait. Dengan begitu, upaya pencegahan dapat lebih maksimal.


"Upaya pertama yang kita lakukan ialah dengan memberikan vaksin, pemeriksaan kandang secara rutin serta membuang kotoran ternak dan memisahkan ternak yang sakit, selain itu kita juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait" Kata Warsono. Kamis (02/03/2023).


Warsono berharap dengan upaya bersama ini dapat mencegah terjadinya kasus flu burung di Kabupaten Aceh Singkil. Ia menambahkan bahwa kerja sama dan koordinasi antara peternak dan pihak terkait sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan unggas dan mencegah penyebaran wabah flu burung di wilayah tersebut.

Close Tutup Iklan