Iklan

Selasa, 28 Februari 2023, 17.55.00 WIB
ACEH SINGKIL

91 Kampung di Aceh Singkil Salurkan BLT Secara Serentak, Rp 2,5 Miliar Lebih Uang Beredar

Iklan

Kepala DPMK Aceh Singkil,Azwir Hadiri Penyaluran BLT DD Tahun 2023 di Kampung Kain Golong , kecamatan Simpang Kanan, di dampingi Camat, Keuchik dan perangkat, dan PD Kecamatan , Selasa (28/2/2023). (Istimewa).

PENAACEH Singkil- Sebanyak 91 dari 116 Kampung se Aceh Singkil salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 secara serentak. Selasa (28/2/2023)


Pembagian BLT itu tersebar disejumlah kampung yang dihadiri perangkat kampung, BPKamp dan tokoh masyakarat setempat. Tidak hanya itu sejumlah Kampung juga dihadiri para pejabat eselon II Pemkab Aceh Singkil yang diberikan tugas oleh Penjabat Bupati Aceh Singkil, Marthunis untuk menyerahkan secara simbolis.


Di kampung Mandumpang Kecamatan Suro, dihadiri dan diserahkan secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Junaidi. Selanjutnya di kampung Danau Bungara Kecamatan Kuta Baharu diserahkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Faisal.


Kemudian di Kampung Rimo Kecamatan Gunung Meriah diserahkan oleh Plh. Asisten Adminitrasi Umum, Edy Widodo. Selanjutnya Azman, selaku Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan, SDM dan Kerjasama serahkan BLT di Kampung Gosong Telaga Kecamatan Singkil Utara.


Kadis Perikanan Saiful Umar di Kampung Suka Damai Kecamatan Singkil, kemudian di kampung Kain Golong Kecamatan Simpang Kanan diserahkan langsung Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Azwir. Terakhir lokasi lainnya di Kampung Sikoran Kecamatan Danau Paris yang diserahkan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Khalilullah.


Kepala DPMK Aceh Singkil Azwir Serahkan BLT DD Kain Golong, kecamatan Simpang Kanan secara simbolis, didampingi Camat, PD dan Perangkat Kampung, Selasa (28/2/2023). (Istimewa).

Kepala DPMK Aceh Singkil Azwir Serahkan BLT DD Lipat Kajang Atas, kecamatan Simpang Kanan secara simbolis, didampingi Camat, PD dan Perangkat Kampung, Selasa (28/2/2023). (Istimewa).




Sementara untuk empat Kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Singkohor, Kuala Baru, Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat juga dilakukan penyaluran BLT oleh masing-masing Camat.


Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2023.


"Masing-masing Kampung menyalurkan BLT Rp 300 perorang untuk tiga bulan (Januari, Februari dan Maret), berarti masing-masing orang menerima Rp 900 ribu,"Kata Kabid Kerjasama Adminitrasi Mukim dan Kampung DPMK, Afruddin Hendra.


Kalau di total Dana Kampung yang tersalurkan kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BLT dari 91 Kampung hari ini kata Afruddin sebanyak Rp 2,5 Miliar lebih yang beredar.


Mengenai 25 Kampung lagi yang belum melakukan penyaluran BLT-DD kata Afruddin hal itu dikarenakan belum rampung menyelesaikan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) mereka.


Kepala DPMK Aceh Singkil Azwir mengatakan bahwa penyaluran BLT pada Februari 2023 ini terbilang cepat dan belum pernah terjadi di tahun sebelumnya.


Meski demikian, masih ada kampung yang belum merealisasikan BLT pada hari ini dikarenakan APBKam belum disahkan. "Insyaallah, kita akan panggil dan fasilitasi kampung yang belum pengesahan APBKam, apa sebetulnya kendala mereka,"kata Azwir.


Terpisah Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis Mengapresiasi kerja keras semua pihak untuk dapat mencairkan BLT serentak. "Bulan Maret merupakan bulan menjelang bulan puasa dimana biasanya akan terjadi kenaikan harga atau inflasi. oleh karenanya Karena penyaluran BLT ini akan mengurangi beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pokoknya," 


Selain itu, pada bulan Maret kata Marthunis akan dilakukan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2023. Untuk itu dia berharap Susenas tersebut dapat menangkap apa dampak dari BLT-DD terhadap angka kemiskinan dan indikator kesejahteraan lainnya. (Redaksi).

Close Tutup Iklan