Iklan

Selasa, 10 Januari 2023, 22.00.00 WIB
PENDIDIKAN

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis Resmikan RKB SMP IT Darul Rasyid Silatong

Iklan

Sesi Photo Bersama Usai Peresmian RKB SMP IT Darul Rasyid, Silatong, dan RKB UPTD SPF SDN Siatas kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil. Selasa (10/1/2023).

PENAACEH SINGKIL- Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Marthunis resmikan Ruang Kelas Belajar (RKB) Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darul Rasyid Desa Silatong, dan UPTD SPF SDN Siatas, kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil. Selasa (10/1/2023).


Pj Bupati Aceh Singkil didampingi pimpinan Pondok Pesantren Darul Rasyid Ust. H.M.Rasyid Bancin, Kepala Sekolah SMP IT Darul Rasyid, Ust. Andika Novriadi, Jajaran Pengurus Pondok Pesantren, Staf Pengajar, Bupati Aceh Singkil Periode 2017 - 2022, Dulmusrid, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, Khalilullah, Unsur Muspika, Tokoh Masyarakat.


Dalam sambutan Marthunis awalnya menyampaikan pujian untuk Rekanan yang membangun Ruang Kelas Belajar ini. "Kita harus berikan apresiasi untuk rekanan (kontraktor) yang membangun Ruang Kelas Belajar ini, walaupun pembangunannya baru dimulai pada bulan Agustus, sudah memasuki akhir tahun 2022, namun hasilnya lebih dari yang kita harapkan." ujar Marthunis.


Pj Bupati juga bercerita tentang latar belakang pendidikan beliau sejak SD sampai SMA yang semuanya beliau tempuh di sekolah pendidikan agama Islam.


"Saya berada disini, seperti kembali ke habitat. Anak saya juga sekolah di SMP Islam Terpadu, bahkan pendidikan saya sejak SD sampai dengan SMA saya tempuh juga di Sekolah Pendidikan Agama Islam. Basic saya dari Ibtidaiyah,, Tsanawiyah dan Aliyah yang dulu belum ada SMP Islam terpadu ini,"  terangnya.


Marthunis juga memberi semangat kepada Siswa/i SMP IT Darul Rasyid untuk semangat dalam menimba ilmu.  Dia juga mengutip sebuah Hadist yang artinya. "Ketika seorang manusia meninggal dunia, maka amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu: sadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang senantiasa mendo'akan (HR. Muslim)


"Konsep Pembangunan berkelanjutan itu juga mempunyai 3 unsur yaitu yang Pertama, Infrastruktur (Sadaqah Jariyah), Kedua, butuh inovasi dan kreasi (Ilmu yang bermanfaat) dan Ketiga, Sumber Daya Manusia yang berkualitas ( Anak yang shaleh), " jelas nya.


Diakhir sambutannya beliau mengajak semua komponen masyarakat untuk mengambil inspirasi dari Hadist Nabi tersebut untuk melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di Aceh Singkil.


Sebelumnya Kepala Sekolah SMP IT Darul Rasyid, Ustadz Andika Novriadi dalam laporannya menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan 4 RKB ini.


“SMP IT Darul Rasyid ini berdiri 09 Februari 2020, dan beroperasi 07 Juli 2020. Jumlah murid sampai saat ini 247 Siswa/siswi yang datang dari berbagai Kecamatan di Aceh Singkil, Subulussalam, Dairi, Pakpak Bharat dan juga Kabupaten Tapanuli Tengah," terangnya.


"Kemudian ada 8 rombongan belajar dengan 3 RKB yang tersedia.Dengan peresmian 4 RKB yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) ini, maka sekarang SMP IT Darul Rasyid sudah memiliki 7 RKB, berarti tinggal 1 rombongan belajar lagi yang belum memiliki RKB," lanjutnya.


Lebih jauh beliau menyampaikan status SMP IT Darul Rasyid ini. "Untuk diketahui bahwa SMP Darul Rasyid satu-satunya Sekolah Islam Terpadu di Aceh Singkil yang memiliki sertifikat dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dengan Nomor Sertifikat: 2673/SA/JSIT/IX?2020 dengan Nomor keanggotaan 1.11.02.03.001,’lanjutnya.


Sementara itu pimpinan Pondok Pesantren Darul Rasyid, Ust. H.M.Rasyid Bancin,  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil atas bantuan dan perhatiannya terhadap perkembangan dan kemajuan Darul Rasyid,"

Close Tutup Iklan