Iklan

Kamis, 10 November 2022, 18.50.00 WIB
ACEH SINGKIL

Pemkab Aceh Singkil Beri Penghargaan Kepada Veteran Pejuang Aceh Singkil dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Ke-77

Iklan

Suasana Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke 77 di Halaman Kantor Bupati Aceh Singkil , Pulo Sarok kecamatan Singkil, Kamis (10/11/2022), (Istimewa)

PENAACEH SINGKIL-- Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melaksanakan upacara memperingati Hari Pahlawan Ke-77 di halaman Kantor Bupati Aceh Singkil.


Upacara itu diikuti peserta upacara dari unsur TNI/POLRI, ASN /Non ASN dan perwakilan sekolah seluruh jenjang pendidikan. Kamis (10/11/2022).


Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Aceh Singkil, AKBP Iin Maryudi Helman SIK, MKP, dihadir Unsur Forkopimda Aceh Singkil, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPK, Kepala Lembaga Keistimewaan, Para Camat serta tamu undangan lainnya dari perwakilan Bank Aceh Syariah Cabang Singkil dan tokoh masyarakat.


Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Abdul Rahman mengatakan  Pj Bupati Aceh harus berangkat ke Jakarta untuk menghadiri Rakornas Kebijakan Toponimi Dan Batas Daerah Tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, maka Kapolres Aceh Singkil yang bertindak menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke - 77, sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Singkil menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kecamatan Singkil Utara.


“Sebagaimana pesan Bapak Pj. Bupati agar diantara unsur forkopimda menjadi Inspektur upacara memperingati hari pahlawan ke – 77 di kabupaten Aceh Singkil, karena Bapak Pj. Bupati harus berangkat ke Jakarta untuk menghadiri Rakornas Kebijakan Toponimi Dan Batas Daerah Tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri,” jelas Rahman.


Dalam sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan Kapolres Aceh Singkil antara lain menyampaikan, “Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya”. 


Menteri Sosial RI juga berpesan. “Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, pahlawanku teladanku. dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan hari pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat”.


Kegiatan upacara memperingati Hari Pahlawan ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada pejuang Kabupaten Aceh Singkil yang diwakili ahli waris dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Aceh Singkil kepada Aparatur Sipil Negara yang sudah memasuki masa Purna Bhakti atas nama: 


1. Dra. Fauziah,    masa kerja 33 tahun. Pangkat:  Pembina Utama Muda (IV/c)

2. Sabarati, S.Pd. Masa kerja 23 tahun, Pangkat: Pembina TK. I (IV/b)

3. Abdullah, S.Pd, Masa kerja 21 tahun, Pangkat : Pembina Utama Muda (IV/c)


Usai upacara dilanjutkan Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di makam para pahlawan yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan Kecamatan Singkil Utara,  dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri Singkil, Hamzah Sulaiman, SH yang juga dihadiri Unsur Forkopimda Aceh Singkil, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPK, Kepala Lembaga Keistimewaan, Para Camat serta tamu undangan lainnya.

Close Tutup Iklan