Iklan

Jumat, 11 November 2022, 14.16.00 WIB
POLITIK

Jelang Rekrutmen PPK dan PPS, KIP Aceh Singkil Kenalkan SIAKBA

Iklan

 

Komisioner KIP Aceh Singkil Dodi Syahputra Tanjung


Aceh Singkil - Jelang tahapan rekrutmen Badan Ad Hoc sebagai tahapan pemilu tahun 2024 mendatang, Komisi Independen Pemilihan Aceh Singkil memperkenalkan Aplikasi Khusus Pemilihan Umum yakni SIAKBA.


SIAKBA merupakan aplikasi pendukung yang akan digunakan dalam memfasilitasi pelaksanaan seleksi anggota KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota berdasarkan Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 438 Tahun 2022 tentang Penetapan Aplikasi Sistem Informasi Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Ad Hoc.


Komisioner KIP Aceh Singkil, Dodi Syahputra Tanjung menjelaskan bahwa Pendaftaran Badan Ad Hoc KPU di Pemilu 2024, baik itu PPK maupun PPS, berbeda dengan Pemilu sebelumnya.


Jika sebelumnya dilakukan secara manual maka pada Pemilu 2024 pendaftaran akan dilakukan secara online melalui sistem teknologi informasi berbasis web yaitu  Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc atau disingkat SIAKBA.


" SIAKBA ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2022 yang lalu, dan proses pendaftaran PPK serta PPS direncanakan melalui Aplikasi ini, namun secara rinci kita sedang menunggu juknisnya" Ujar Dodi, Rabu (11/11/2022)


Dodi berharap, masyarakat yang ingin berpartisipasi sebagai badan Ad Hoc dalam pemilu tahun 2024 mendatang harus lebih jeli dan 'melek' teknologi, mengingat proses rekrutmen dan seleksi PPS dan PPK tersebut berbasis aplikasi.


"bantu publikasikan kepada masyarakat kita (Aceh Singkil) soal SIAKBA ini" tambahnya


Bagi masyarakat masyarakat yang ingin mencoba simulasi pembuatan akun SIAKBA dapat mengunjungi website www.siakba.kpu.go.id, namun akses yang diberikan saat ini hanya untuk simulasi dan uji coba pendaftaran, pada saat jadwal pendaftaran secara resmi dibuka, semia akun akan direset, artinya pendaftar harus melakukan registrasi kembali.


Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti informasi seputar Pemilihan Umum di Kabupaten Aceh Singkil melalui 

https://instagram.com/kip.acehsingkil , https://www.facebook.com/kip-kabupaten-aceh-singkil dan https://twitter.com/KIP_AcehSingkil. (SI)

Close Tutup Iklan