Iklan

Selasa, 14 Mei 2024, 11.58.00 WIB
ACEH SINGKILADVERTORIALPENDIDIKAN

Disdikbud Aceh Singkil & PT PLB Gelar Pelatihan Kelas Inspiratif

Iklan

 



Singkil – Puluhan guru dari 13 sekolah di Kabupaten Aceh Singkil mengikuti pelatihan kelas inspiratif, pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil dan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB). 


Kegiatan yang diadakan untuk memperingati bulan pendidikan ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. Tujuannya adalah menciptakan peserta didik yang kompeten dan berdaya saing serta meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka.


Pelatihan yang diberi nama kelas inspiratif ini kali ini mengusung tema "Pelatihan Pembuatan Buku Cerita Bergambar yang Kreatif dan Inovatif." Acara berlangsung di SDN Telaga Bhakti, Kecamatan Singkil Utara.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Edi Widodo melalui Perwakilan dari Dinas, Aksi, yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut, mengatakan bahwa kegiatan ini mendukung gagasan pemerintah tentang kebijakan belajar merdeka. Kurikulum merdeka membebaskan guru untuk berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif.


“Terima kasih kepada seluruh tim dari PT PLB yang selalu mendukung penuh kegiatan pendidikan di Aceh Singkil. Seperti kegiatan kali ini, seluruh pendanaan dibantu oleh PT PLB,” kata Aksi.


Kepala Sekolah SDN Telaga Bhakti, Marino, menambahkan bahwa pelatihan pembuatan buku cerita bergambar bagi guru dapat membantu peserta didik dan tenaga kependidikan meningkatkan angka literasi dan numerasi. Proses pelatihan ini melibatkan siswa-siswi untuk menulis dan membaca, yang penting untuk menumbuhkan budaya menulis dan membaca di kalangan pelajar.


“Kegiatan ini penting dan sangat baik untuk menumbuhkan budaya menulis dan membaca bagi pelajar yang sudah lama menjadi tujuan kami sebagai tenaga pendidik,” kata Marino, Selasa (14/5/2024).


Marino juga menjelaskan bahwa pembuatan buku cerita bergambar ini bukan sekadar kumpulan halaman dengan kata-kata dan gambar, tetapi hasil dari dedikasi, imajinasi, dan kolaborasi setiap individu dari sekolah.


Catur Wibowo, Asisten CSR PT PLB, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program khusus dari corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan, yang bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.


“Melalui sustainability aspiration dalam roadmap public contribution, CSR pendidikan menjadi salah satu tanggung jawab PT PLB. Harapannya, melalui kegiatan kelas inspiratif ini, kami dapat memberikan keterampilan yang bermanfaat untuk peningkatan karir tenaga didik dan mempersiapkan peserta didik untuk masa depan yang baik,” jelas Catur.


Pelatihan ini diikuti oleh puluhan guru dari sekolah-sekolah di sekitar PT PLB, mulai dari tingkat kanak-kanak, sekolah dasar, menengah pertama, hingga menengah atas. Di antaranya termasuk Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL) seperti TK Excellent Astra dan beberapa sekolah binaan PT PLB.


Close Tutup Iklan