Iklan

Senin, 24 Juli 2023, 21.42.00 WIB
ACEH SINGKIL

Perdana, Pemkab Aceh Singkil Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama Tahun 2023

Iklan

Tangkap Layar Penghargaan KLA 2023 kategori Pratama 

 PENAACEH Singkil- Kabupaten Aceh Singkil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023.Penghargaan tersebut adalah kategori Pratama. 


Penghargaan itu diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil di Kota Semarang, Sabtu 22 Juli 2023 melalui zoom.


Adapun kabupaten/kota yang menerima penghargaan KLA Pratama 2023, pertama kabupaten Katingan, Langsa, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tenggara , Aceh Singkil, Aceh Jaya, Semeulue, dan Pidie.



Seperti diketahui pemerintah Aceh Singkil belum pernah masuk nominasi hal itu diketahui setelah Pj Bupati Aceh Singkil tahun 2022 - 2023 Marthunis pada saat pelatihan dasar jurnalistik di Aula Setdakab Aceh Singkil. Rabu 6 Juni 2023 sebagaimana dilansir dari Website Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil.


"Saat ini Aceh Singkil belum masuk nominasi, di sini kita berkomitmen masuk kategori pratama," ucap Marthunis.


Selain itu, Pemerintah juga akan berupaya di setiap Kecamatan akan membuat Forum Layak Anak, bukan hanya di tingkat Kabupaten.


"Di sini juga kami menghimbau agar Perusahaan harus terlibat dalam hal ini dengan memberikan pelayanan ramah anak," ujar Marthunis


"Kita telah membentuk tim gugus tugas, dan ini yang akan melaksanakan program KLA tersebut," terang Bupati.


"Kita upayakan bagaimana pemerintah ingin memenuhi instrumen ramah anak, sehingga anak itu tumbuh dengan hebat," tutupnya.


Adapun kategori bagi sebuah kota layak anak harus memiliki lingkungan yang aman dan nyaman untuk tumbuh kembang anak, memberikan pendidikan yang berkualitas, serta memenuhi kebutuhan dasar anak seperti kesehatan, pangan, dan air bersih.


Sebelumnya Pemkab Aceh Singkil menargetkan agar masuk nominasi dimulai dari kategori Pratama alhasil masuk nominasi KLA Pratama 2023.


Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan suatu bentuk apresiasi Kementrian PPPA atas segala komitmen dan keseriusan para Gubernur, Bupati, Walikota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak. 


Amanat kontitusi pun mewajibkan negara untuk memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diratifikasi melalui peraturan perundangan lainnya. (Redaksi).

Close Tutup Iklan