Iklan

Jumat, 26 Mei 2023, 15.40.00 WIB
ACEH SINGKIL

Perdana Selesai Pemutakhiran IDM 2023, Ini Kata Camat Singkil Utara

Iklan
Camat Singkil Utara Camat Asnaldi, S. Hut, M. Si



Singkil- Torehan keberhasilan dan prestasi terus dicatatkan Kabupaten Aceh Singkil, Kali ini Kecamatan Singkil Utara di Bawah bimbingan Camat Asnaldi, S. Hut, M. Si, berhasil membimbing Desa dalam Wilayah Kecamatannya untuk menyelesaikan Pemutakhiran data IDM yang pertama di Kabupaten Aceh Singkil. 

"Alhamdulillah Pemutakhiran IDM Tahun ini sudah selesai di seluruh Desa dalam Kecamatan Singkil utara, di Kecamatan ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal, dan sudah ada Desa Berstatus Mandiri yaitu desa Gosong Telaga Timur. Terima kasih kepada Seluruh Pemerintah Desa dan Tenaga  Pendamping yang sudah berkolaborasi dengan baik." Ujar Camat Asnaldi saat di Konfirmasi Awak Media, Jum'at (26/5)

hasil pemutakhiran IDM, dari 7 Desa menghasilkan 1 desa mandiri 4 desa maju, dan 3 desa berkembang,” kata Riwanto Selaku Koordinator TPP  Kecamatan Singkil Utara, “Tentu harapan kita semakin banyak desa mandiri yang ditetapkan di Kecamatan Singkil Utara. Dan Insya Allah, kita bisa wujudkan itu atas kerjasama kita semua,” pungkasnya.

Penetapan desa mandiri ini mengacu pada Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan Indeks Komposit berdasarkan Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Begitu juga dilihat dari kebijakan dan aktivitas pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat desa yang harus menghasilkan pemerataan dan keadilan. Memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.

“Capaian ini tentu tidak lepas dari pembinaan Pj Bupati, tenaga pendamping profesional, BAPPEDA,  yang konsisten mengawal pembangunan dana desa untuk mendukung kemandirian desa. Termasuk kerjasama elemen masyarakat,” paparnya.

Koordinator TPP Kabupaten Aceh Singkil  menaruh harapan, agar capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan sekaligus menjadi motivasi bagi desa lainnya untuk naik ke status dari desa maju ke mandiri.

Menurutnya, jika Aceh Singkil terus konsisten menambah minimal 20 desa mandiri setiap tahunnya, maka Aceh Singkil butuh lima tahun lagi untuk memandirikan semua desa di daerah berjuluk “Kota Batuah” itu. (sulaiman)
Close Tutup Iklan