Iklan

Jumat, 07 April 2023, 16.43.00 WIB
ACEH SINGKIL

Bukan Hanya PT Socfin, Ternyata Delima Makmur dan PLB Juga Belum Indahkan Kebun Pola Kemitraan

Iklan

Perkebunan Kelapa Sawit, (Google).

PENAACEH Singkil - Ternyata bukan hanya PT Socfin Aceh Singkil yang belum mengeksekusi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 18 tahun 2021 tentang fasilitas Pembangunan Kebun Masyakarat.


Ada juga PT Delima Makmur, PT PLB (Perusahaan Lembah Bhakti) dan Perusahaan lainnya juga belum melaksanakan perintah tersebut, bahkan untuk niat mengurus saja pun belum ada tanda-tanda. 


"Selain PT Socfin, Delima Makmur dan PLB (Perusahaan - Perusahaan besar) hingga saat ini belum melaksanakan perintah Permentan nomor 18 Tahun 2021 itu,"Kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Singkil, Junaidi kepada PENAACEH, Jum'at. (7/4/2023).


Sejauh ini beberapa waktu lalu, PT Socfin telah mengajukan Administrasi Kebun Pola Kemitraan Lahan Masyarakat kepada tim Pemda namun berkas mereka belum lengkap, maka kami serahkan dan diberikan rekomendasi - rekomendasi yang perlu disiapkan dan di lengkapi.


Sementara PT Delima Makmur beberapa waktu lalu telah menyerahkan berkas, namun berkas yang diserahkan belum sesuai yang diamanatkan Permentan nomor 18 Tahun 2021 tersebut dimana Kelompok Tani kemitraan itu adalah kewajiban di sekitar perusahaan dimana didirikan.


PT Delima Makmur menyerahkan berkas kelompok tani yang seharusnya bukan kewajiban mutlak. Mereka menyodorkan beberapa kelompok tani yang bukan berada di wilayahnya seperti KPPB, dan Gapoktan Harapan. 


"Dalam hal ini, Pemda menyarankan agar menyelesaikan kewajiban terlebih dahulu, membangun kemitraan kelompok tani di wilayah kecamatan Danau Paris dan Kecamatan Singkil Utara,"


"Untuk PT.PLB hingga saat ini sepengetahuan saya belum ada mengajukan berkas apapun kepada tim,"Ungkap Junaidi 


Jika dilihat dari peraturan menteri pertanian yang diundangkan tahun 2021 ini, sejumlah perusahaan kelapa sawit yang berdiri di Aceh Singkil terkesan sengaja abai atas kewajibannya.


Perintah Permentan tahun 2021 diabaikan. Kesepakatan bersama dengan Pemerintah Aceh Singkil pada 6 Oktober 2021 di Hotel Four Points Medan juga tidak dilaksanakan hingga saat ini yang menyepakati Kebun Pola Kemitraan.


Kala itu dihadiri, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid ketua dan anggota DPRK, beberapa kepala dinas, dan para staf ahli. Kemudian hadir Ketua YARA Aceh, DPD BAI, Apkasindo, perwakilan perusahaan sawit di Aceh Singkil, serta tamu undangan lainnya, namun tidak ada tindaklanjut.


Photo Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pemerintah Daerah Aceh Singkil dan pimpinan Perusahaan Kelapa Sawit di Hotel Four Points Medan, Sumatera Utara. 6 Oktober 2021 lalu.


Saat itu Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dan para petinggi perusahaan menyepakati beberapa poin, diantaranya:


- Memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat seluas 20 persen dari luas lahan izin yang diperoleh untuk petani di wilayah HGU dengan pola kerjasama. Bentuk pola kerja sama itu antara lain, 


a. Pola kredit, 

b. Pola bagi hasil, 

c. Bentuk pendanaan lainnya yang disepakati, dan 

d. Bentuk kemitraan lainnya.


- Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di masing masing HGU.


- Pelaksanaan kemitraan bagi petani perkebunan kelapa sawit.


- Dalam kesepakatan tersebut, pihak perusahaan berkomitmen dengan tenggang waktu, yaitu:

Perencanaan dalam waktu 1 bulan.

Pendataan dalam waktu 3 bulan.

Pelaksanaan dalam waktu 6 bulan.


- Selain itu juga pihak perusahaan kelapa sawit juga berkomitmen persentase pemotongan pembelian wajib TBS masyarakat petani sebesar 2 persen. (Idrus Lingga).

Close Tutup Iklan