Iklan

Kamis, 02 Maret 2023, 22.56.00 WIB
ACEH SINGKIL

Pj Bupati Aceh Singkil Dorong Penggunaan Aplikasi SIGAP Dalam Perencanaan Penganggaran Dana Kampung

Iklan

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis Membuka Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) di Aula Setdakab Aceh Singkil, Kamis (2/3/2023). (Istimewa)

PENAACEH SINGKIL- Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis dorong seluruh kampung menerapkan perencanaan penganggaran dana Kampung melalui Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP).


Hal itu disampaikannya saat membuka acara sosialisasi Aplikasi SIGAP di Aula Setdakab yang dihadiri pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyakarat Gampong (DPMG) Aceh, jajaran Dinas Pemberdayaan Masyakarat Kampung (DPMK) Aceh Singkil, Jajaran Setdakab, Camat dan sejumlah kepala Kampung.

Peserta Undangan Sosialisasi Aplikasi SIGAP (Istimewa) 


"Saya ingin Dana Kampung ataupun resource (Sumber) yang ada direncanakan dan dianggarkan secara efesien dan efektif, dan salah satunya adalah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP),"katanya Kamis (2/3/2023).


Menurutnya, keinginannya tersebut bukan tanpa alasan karena Aplikasi SIGAP telah digunakan saat Musrembang di salah satu Kecamatan, yaitu Kecamatan Singkohor. "Untuk itu, tahun ini kita juga sudah membuktikan bahwa aplikasi SIGAP bisa diterapkan dalam Musrenbang Kecamatan dan patut untuk ditiru," jelasnya.


Disisi lain Marthunis mengungkapkan SIGAP tersebut selaras dengan semangat Pemerintah RI dalam transformasi digital dan saya akan berkomitmen agar Diskominfo mengawal index Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Aceh Singkil, dan kita ingin membuat pelayanan publik Pemerintah berbasis digital, cepat dan pasti.


Selain itu Marthunis mengatakan bahwa dirinya berkeinginan pemerintah Aceh Singkil melangkah lebih cepat dalam rencana penyusunan anggaran Dana Desa Tahun 2024. 


Hari ini kita rencanakan untuk menandatangani Surat Edaran (SE) terkait perencanaan penganggaran Dana Kampung Tahun 2024 yang dimulai di awal Juni tahun 2023 ini.  


"Jadi pelatihan SIGAP ini sebagai tahap awal kita untuk memanaskan mesin, sehingga pada Juni nanti kita akan siap untuk menyusun" jelas Marthunis 


Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Azwir menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan Sosialisasi SIGAP tersebut, jadwal pelaksanaan beserta sasaran yang ingin dicapai kedepannya.


“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Keuchik bahwa melalui Aplikasi SIGAP nantinya dapat menghasilkan data dan informasi yang akurat untuk proses perencanaan dan penganggaran Dana Kampung,"


“Dan setelah kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan pelatihan SIGAP kepada Admin Kampung (Operator) secara bertahap yang dimulai pada Tanggal 4 hingga 5 Maret 2023 Maret 2023  bertempat di Kecamatan Pulau Banyak,” Kata Azwir.


Setelah acara sosialisasi, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang aplikasi SIGAP oleh dua orang Narasumber, yaitu Drs. Wardana selaku Kepala Bidang Pengembangan Kawasan, Sumber Daya Alam Dan Teknologi Tepat Guna Gampong, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh dan Dicky Arisandi (Lead Skala Aceh). (Redaksi).

Close Tutup Iklan