Iklan

Senin, 06 Maret 2023, 09.09.00 WIB
EKONOMI

Jelang Ramadan Program Bansos Baru Segera Meluncur

Iklan


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan sosial atau bansos dalam bentuk bahan pokok bagi warga yang kurang mampu menjelang Ramadan 2023. Bansos ini akan diberikan selama tiga bulan, yaitu Maret, April, dan Mei.


Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa bansos yang diberikan adalah beras, telur, dan ayam, dan regulasi untuk distribusinya sedang diatur. Bansos ini akan diberikan kepada warga yang mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan non-tunai.


Selain memberikan bansos, pemerintah juga melakukan upaya-upaya untuk mengendalikan harga bahan pokok menjelang hari besar keagamaan. Beberapa upaya yang dilakukan antara lain pemantauan harga kebutuhan bahan pokok, mengoptimalkan pelaksanaan operasi pasar, kelancaran distribusi dan intervensi APBD, berkoordinasi bersama aparat penegak hukum, dan mengelola ekspektasi masyarakat.


Airlangga juga menekankan bahwa survei terkait kemiskinan akan dilakukan pada bulan Maret ini, sehingga pemerintah bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat. Selain itu, pengelolaan ekspektasi masyarakat dan pembelanjaan bisa dilakukan secara bijaksana agar tidak terjadi over buying akibat misinformasi.


Dengan adanya bantuan sosial bahan pokok ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu menjelang bulan suci Ramadan.

Close Tutup Iklan