Iklan

Selasa, 14 Maret 2023, 11.14.00 WIB
ACEH SINGKIL

Aceh Singkil Juara Pertama Capaian Sub Pin Se-Aceh

Iklan


Penaaceh-Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil kembali meraih penghargaan peringkat pertama atas pencapaian target pelaksanaan Sub Pin (Pekan Imunisasi Nasional) Polio se-Provinsi Aceh. Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Haryono, SKM di Balai Pelatihan Kesehatan Dinas Kesehatan Aceh di Banda Aceh pada Senin, 13 Maret 2023.


Kepala Dinas Kesehatan H. Subarsono, S.Mn menyatakan bahwa penghargaan ini diterima karena Aceh Singkil berhasil mencapai target sasaran sebanyak 31.887. "Alhamdulillah, dengan segala upaya dan usaha yang dilakukan dalam tenggat waktu 12 - 19 Desember 2022, Aceh Singkil telah berhasil mencapai target 100 persen," ungkapnya.


Sejak Kick-Off Imunisasi Polio Tetes Mulut Outbreak Response Immunization (ORI) pada Senin, 12 Desember 2022 lalu, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencapai target yang diinginkan. Upaya tersebut antara lain mendatangi rumah-rumah warga dan memperbanyak pos-pos imunisasi.


"Bahkan delapan hari setelah Kick-Off, Bapak Pj. Bupati Aceh Singkil, Bapak Marthunis langsung ikut serta melakukan sweeping Imunisasi Polio ke rumah-rumah warga di Desa Cingkam dan Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah untuk mempercepat dan memastikan seluruh sasaran mendapatkan imunisasi," jelas Subarsono.


"Tidak hanya sweeping, Pj. Bupati juga membuat Surat Edaran kepada seluruh kepala SKPK agar ikut melakukan sweeping untuk memastikan tidak ada sasaran yang luput," tegas Subarsono.


Jumlah pos yang tersedia untuk melayani imunisasi Sub PIN Polio di Aceh Singkil mencapai 494 pos, yang terdiri dari Posyandu sebanyak 198 pos, Pos TK/PAUD sebanyak 179 pos, dan Pos SD/MI sebanyak 117 pos.


Atas pencapaian prestasi ini, Pj. Bupati Marthunis, ST., D.E.A mengatakan, "Penghargaan ini merupakan kulminasi dari upaya bersama dari berbagai pihak dalam melakukan orkestrasi pelaksanaan imunisasi polio di Aceh Singkil, mulai dari Puskesmas, Sekolah, Posyandu, Kepala Desa, Camat, Kepala SKPK hingga Forkopimda turut bertanggung jawab dan berkontribusi agar tidak ada anak Aceh Singkil yang luput dari Imunisasi Polio".


Namun, Pj. Bupati juga mengingatkan bahwa penghargaan ini tidak seharusnya membuat kita berpuas diri. Masih banyak permasalahan kesehatan yang perlu diatasi di Aceh Singkil, seperti angka Angka Kematian Ibu dan Bayi adalah beberapa permasalahan yang masih memerlukan kerja keras. 


“Penghargaan atau prestasi tersebut diatas harus memberikan kepercayaan diri bahwa Aceh Singkil bisa menjadi yang terbaik dengan syarat kolaborasi dan upaya bersama dari seluruh pihak  untuk mewujudkan Masyarakat Aceh Singkil yang sehat”, tutup Marthunis.

Close Tutup Iklan