Iklan

Selasa, 21 Februari 2023, 23.53.00 WIB
ACEH SINGKILPEMILU

Coklit di Aceh Singkil Hampir 50%, E-Coklit Masih Sekitar 11%

Iklan
Pantarlih tempel stiker pendataan di rumah warga


PENAACEH, Aceh Singkil - Data pemilih di Kabupaten Aceh Singkil untuk Pemilihan Umum Serentak tahun 2024 telah mencapai hampir 50 persen. Namun, data yang ter-input pada e-coklit masih mencapai sekitar 11 persen.(21/02/2023)


Dalam kurun waktu 10 hari, sebanyak 373 petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih di Kabupaten Aceh Singkil telah melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih secara manual terhadap 42.212 jiwa di kabupaten itu, atau hampir mencapai 50 persen dari total daftar penduduk potensial pemilih atau DP4.


Total DP4 di Kabupaten Aceh Singkil berjumlah 86.091 jiwa. Sedangkan yang sudah ter-coklit manual berjumlah 42.212 jiwa, sementara yang ter-input pada aplikasi e-coklit hanya 11.976 jiwa dan yang belum ter-input sebanyak 43.879 jiwa.


Perbedaan yang cukup jauh antara data manual dan data e-coklit disebabkan oleh beberapa alasan, di antaranya pantarlih masih fokus melakukan pendataan manual.


Divisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh Singkil, Rahimuddin, mengatakan selain masih fokus melakukan pendataan manual hal itu juga disebabkan kondisi jaringan dan kapasitas server aplikasi.


"Pendataan manual Ini sistemnya door to door, Namun memang aplikasi juga ada kendala yaitu masalah jaringan dan kemudian aplikasi itu dipergunakan se-Indonesia itu banyak persoalan ya, beban aplikasi itu sendiri" Kata Rahimuddin.


Rahimuddin menambahkan bahwa jika tidak ada kendala, pendataan manual diperkirakan akan selesai dalam 20 hari kerja pantarlih. Setelah itu, kegiatan akan difokuskan pada peng-inputan aplikasi e-coklit.


Pantau terus perkembangan coklit data pemilih di Kabupaten Aceh Singkil untuk mengetahui persiapan Pemilihan Umum Serentak tahun 2024.

Close Tutup Iklan