Iklan

Sabtu, 01 Oktober 2022, 17.34.00 WIB
ACEH SINGKILWISATA

Mengintip Penangkaran Penyu Di Pulau Banyak Aceh Singkil

Iklan


Berfoto bersama tukik

Menikmati wisata bahari sambil mendapatkan edukasi tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya bagi orang tua yang ingin mengenalkan anaknya terhadap lingkungan, sehinga tak heran jika wisata edukasi saat ini kian diminati.


Seperti wisata penangkaran penyu yang ada di di kepulauan banyak, tepatnya di Desa Teluk Nibung Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil yang dikelola oleh Yayasan ujung batu lestari yang belakangan ini semakin dipadati wisatawan.


Selain menikmati keindahan alam wisatawan juga dapat melihat dan terlibat langsung dalam upaya pelestarian habitat penyu, mulai dari mengenali jenis penyu,memberi makan hingga membantu petugas memandikan dan membersihkan tukik atau anak penyu, tentunya hal ini dilakukan dibawah pengawasan petugas.


Pada penangkaran penyu  yang dikelola oleh Yayasan ujung batu lestari biasanya terdapat 2 jenis penyu yaitu penyu hijau dan penyu sisik, bayi-bayi penyu itu akan dirawat di penangkaran hingga berusia sekitar 6 bulan.

Hal itu dilakukan agar tukik memiliki peluang hidup lebih besar saat di lepas ke alam liar.

Anak Penyu yang sedang ditangkarkan

Petugas penangkaran, Dedi Lawadi mengatakan hingga saat ini sudah sekitar 700 tukik yang di tangkarkan dan di lepas liarkan pada penangkaran ini.


“ Kalau jenisnya ada 2 yaitu Penyu Hijau dan Penyu Sisik,yang sudah ditangkarkan 12 sarang atau 700 Tukik, dan akan dilepaskan jika berusia 6 bulan ketika cangkangnya sudah keras” kata Dedi.


Sementara itu salah seorang pengunjung Jefri Abdullah mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pihak penangkaran guna menjaga populasi penyu yang saat ini semakin sedikit.


“Dengan adanya penangkaran ini dapat menjaga kelestarian, apa lagi disini anak penyu juga dirawat dengan baik hingga dapat dilepas liarkan, apa yang dilakukan pihak penangkaran ini sungguh luar biasa dan patut diapresiasi” Ungkap Jefri.

Ikan Nemo berenang disekitar sarang

Selain menikmati penangkaran bayi penyu di sekitar lokasi itu pengunjung juga dapat melihat berbagai jenis hewan laut lain yang jarang bisa dilihat tanpa harus menyelam, salah satunya ialah ikan Nemo yang terkenal lewat Film animasi finding nemo.



Close Tutup Iklan