Iklan

Selasa, 23 Agustus 2022, 14.17.00 WIB
ACEH SINGKIL

Tanggapi Rencana Keuchik 'Pelesiran' Ke Pulau Jawa, Begini Kata Pj Bupati Aceh Singkil

Iklan

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis (Istimewa)

PENAACEH Singkil- Beredar undangan kepada para Keuchik di Aceh Singkil untuk mengikuti Studi Banding ke Pulau Jawa atau Wilayah Jabodetabek dalam waktu dekat.


Hal itu mendapat sorotan dari Badan Permusyawatan Kampung (BPKam) Danau Bungara, Rabudin Sinaga, dia menilai program tersebut hanya menghamburkan dana kampung dengan modus studi banding.


Bahkan BPKam atau DPR kampung itu berharap Penjabat Bupati Aceh Singkil kiranya dapat membatalkan kegiatan yang dinilai hanya menghamburkan uang semata.


Merespons itu Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis mengatakan dirinya akan mempelajari terlebih dahulu persoalan tersebut. "Saya perlu pelajari terlebih dahulu duduk persoalannya,"Katanya Selasa (23/8/2022).


Namun pada prinsipnya kata Marthunis dana pemerintah itu perlu dikelola secara efektif dan efesien tak terkecuali dana Kampung (Desa) yang sejatinya diberikan negara kepada kampung untuk kesejahteraan masyarakat kampung.


Selain itu praktek pengelolaannya harus menomorsatukan Value For Money (Nilai Untuk Uang) yakni indikator kinerja yang memberikan informasi apakah anggaran yang dibelanjakan itu menghasilkan suatu nilai tertentu bagi masyarakatnya.


Kemudian dilihat juga dari pencapaian Output (Pengeluaran). Kemudian Outcome (Hasil), Benefit (Manfaat) dan Impact (Dampak).


"Jika tidak mengarah ke situ atau tidak ada outcome kepada masyakarat saya kira jangan dipaksakan, apalagi jika benar - benar belum dianggarkan dalam APBKam 2022 karena itu sangat berisiko," Katanya.

Close Tutup Iklan