Iklan

Senin, 06 Juni 2022, 16.50.00 WIB
ACEH SINGKIL

Warga Soroti Kebijakan Rutan Singkil Tak Boleh Menitip Makanan Kepada Tahanan

Iklan

Rutan Kelas IIB Singkil.

PENAACEH Singkil- Warga Aceh Singkil, Rusdi soroti peraturan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB tak memperbolehkan menitip makanan kepada tahanan.


Kejadian yang dialaminya itu kata dia tepatnya Jum'at pekan lalu saat hendak mengantar kue kepada temannya yang baru ditahan.


Larangan itu sontak membuat dirinya kaget karena sebelumnya tidak ada aturan itu. "Kenapa aturannya begini, setahu saya sebelumya tidak ada,"Kisah Rusdi kepada PENAACEH, Minggu (5/6/2022).


Disana saya dan petugas sempat berdebat namun tetap saja tidak di perbolehkan. "Tetap tidak boleh pak, saya hanya menjalankan tugas,"Kata Rusdi menirukan perkataan petugas Rutan.


Tidak lama kemudian Kata dia petugas menunjukkan surat larangan yang ditekan Kesubsi Pelayanan Tahanan, 31 Mei 2022 lalu.


Setelah saya baca kata Rusdi selaku orang yang awam pengumuman yang dikeluarkan tersebut terkesan diskriminatif dan patut untuk dipertanyakan interigritas pihak yang membuat pengumuman tersebut.


"Kalaupun karena dalam masa Covid-19 sampai dengan titip makan tidak boleh sangat lucu, karna kita tahu dulu pada saat covid orang yang menjalani isolasi makanan saja dititip, yang tidak boleh dilakukan adalah kontak fisik,"Katanya.


Kepala Rutan Klas IIB Singkil Machda Landasny mengatakan peraturan yang mereka terapkan itu merujuk pada aturan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) untuk mengisolasi tahanan baru untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.


"Jadi semua kami lakukan kepada tahanan baru isolasi selama 12 hari, setelah 12 hari itu jika tahanan dinyatakan tidak terpapar Covid-19 oleh dokter silahkan mau menitipkan makanan boleh - boleh saja," Katanya.


"Tidak hanya itu, tahanan juga sudah dibolehkan telponan atau video Call kepada pihak keluarga.Tambahnya.


Aturan ini berlaku seluruh rumah tahanan se-Indonesia. Termasuk andaikan kami memindahkan tahanan Napi ke Blang Pidie, disana tahanan itu juga akan menjalani isolasi selama 12 hari. Ungkapnya.


Adapun alasan pihak Rutan tidak membolehkan nitip makanan karena tahanan baru kami anggap susfect. "Baru - baru ini ada yang mengalami TB dan terpaksa di lakukan isolasi, jadi intinya kami penuh hati-hati,"Katanya.

Close Tutup Iklan