Iklan

Minggu, 10 April 2022, 12.16.00 WIB
EKONOMI

Harga Gas Melon Melonjak di Aceh Singkil

Iklan


PENAACEH Singkil- Harga gas LPG isi 3 Kilogram naik di sejumlah eceran dalam beberapa kecamatan di Aceh Singkil.


Informasi yang diterima wartawan menyebutkan, ada empat desa seperti Muara Pea, Ladang Bisik, Srikayu, dan Pea Jambu yang harga eceran LPG 3 Kilogram mencapai Rp 35 ribu hingga Rp 38 ribu. Sementara harga jual di pangkalan tembus Rp 30 ribu.


Pitono (38) warga Srikayu Senin (20/8/2018) mengatakan kenaikan harga jual LPG 3 kilogram terjadi sejak Ramadan lalu. Kondisi tersebut masih terjadi hingga saat ini.


Menurut Pitono, sebelumnya harga gas melon tersebut dijual Rp 30 ribu di eceran. Sementara di pangkalan dibandrol Rp 25 ribu.


"Kondisi itu sudah berlangsung lama. Kami terpaksa membeli meski harganya melonjak naik, kalau tidak bagaimana kami memasak," kata Pitono.


Dia mengaku apa yang menyebabkan harga jual gas LPG 3 Kilogram naik di Aceh Singkil. Namun, dia mengakui jika harga gas subsidi ini sudah diatur pemerintah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).


Masyarakat terpaksa menggunakan kayu bakar akibat melonjaknya harga gas 3 Kilogram tersebut. Namun, ada juga sebagian warga yang tetap membeli gas karena sudah menjadi kebutuhan.


"Meski agak berat, mau gimana lagi harus juga dibeli," kata Pitono.


Bukan harga saja yang mencekik warga, tak jarang pasokan gas bersubsidi tersebut juga kosong.


"Ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah setempat melalui dinas terkait. Kalau terus begini, masyarakat kecil yang dirugikan. Oleh karenanya kami berharap agar kondisi di lapangan ini bisa diselesaikan pemerintah daerah," ujar Pitono."


Arsip

Close Tutup Iklan