Iklan

Kamis, 21 April 2022, 22.25.00 WIB
ACEH SINGKILPERISTIWA

Gempabumi Tektonik Guncang Aceh Singkil

Iklan
Peta Guncangan Gempabumi (bmkg.go.id)

PENAACEH.COM - Kabupaten Aceh Singkil diguncang gempabumi tektonik, Kamis (21/4/2022) sekitar pukul 19.30 WIB.


Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi memiliki parameter dengan magnitudo 4.9 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.03 LU dan 97.88 BT, atau  berlokasi di laut pada jarak 35 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil pada kedalaman 21 km. 


kata kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie Aceh Besar Andi Azhar Rusdin mengatakan "Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi yang terjadi di Pantai Barat Pulau Sumatera," .


Getaran bempa yang terjadi ini terasa jelas oleh masyarakat baik yang berada di luar maupun di luar rumah sehingga menyebabkan benda-benda ringan bergoyang.


Hingga saat ini pena.aceh.com masih belum menerima laporan dari pihak terkait mengenai kerusakan bangunan akibat dampak gempabumi ini. 


Sementara hingga pukul 20:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Selain Wilayah Singkil-Aceh, Gempa juga mengbuncanb Pinangsori dan Gunungsitoli-Sumatera Utara.


Sementara itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.



Close Tutup Iklan