Iklan

Sabtu, 24 Februari 2024, 20.30.00 WIB
ACEH SINGKIL

Festival Santri Kabupaten Aceh Singkil Meriahkan Peringatan Isra dan Miraj

Iklan



Aceh Singkil - Festival Santri tahun 2024 kembali digelar dengan meriah di Kabupaten Aceh Singkil. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 23 hingga 25 Februari 2024, berlangsung di halaman Masjid Agung Nurul Makmur Aceh Singkil, yang terletak di Pulo Sarok, Kecamatan Singkil.


Festival ini, yang dikelola oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Aceh Singkil, diikuti oleh santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) dan pondok pesantren. Terdapat empat cabang perlombaan yang diperlombakan, yakni adzan untuk usia maksimal 15 tahun, tilawah Al-Qur'an untuk putra/putri usia 15 tahun, tahfizd Al-Qur'an untuk putra/putri usia 15 tahun, dan lomba qasidah untuk putra/putri usia maksimal 20 tahun.


Acara dibuka oleh Asisten II Setdakab Aceh Singkil, Faisal, yang menyampaikan dukungan pemerintah terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, festival ini penting untuk menumbuhkan semangat belajar para santri dalam memperdalam ilmu agama, khususnya dalam penghafalan Al-Qur'an.


"Anak-anak penghafal Al-Qur'an ini akan mendapat syafaat (pertolongan) di akhir kelak," kata Faisal saat pembukaan acara pada Jumat malam, 23 Februari 2024.


Faisal juga menyampaikan kebahagiaannya karena di tanah Syekh Abdurrauf As Singkili tengah berkembang pondok pesantren yang mendidik anak-anak dalam mempelajari Al-Qur'an. Festival Santri tahun 2024, yang diselenggarakan oleh PHBI, merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan semangat para santri belajar di pesantren.


Sebelumnya, Ketua PHBI Aceh Singkil, Dr. T. Syahminan, menjelaskan bahwa Festival Santri diadakan sebagai bagian dari peringatan Isra dan Miraj Nabi Besar Muhammad SAW. Acara ini juga bertujuan untuk membina para santri dalam mempelajari dan mendalami seni membaca Al-Qur'an.


"Tahun ini agak berbeda, biasanya kita laksanakan di dalam masjid, tapi ini digelar di halaman masjid dan di rangkai dengan berbagai perlombaan," tambah Syahminan.

Close Tutup Iklan