Iklan

Selasa, 16 Januari 2024, 13.44.00 WIB
ACEH SINGKIL

Bandara Syekh Hamzah Fansuri Kembali Dibuka untuk Penerbangan Komersial

Iklan


Singkil - Penerbangan ke Bandar Udara Syekh Hamzah Fansuri, Aceh Singkil, akan kembali dibuka pada tahun 2024 ini. Rute penerbangan yang akan dilayani adalah Bandara Syekh Hamzah Fansuri-Kualanamu, Sumatera Utara, dan sebaliknya.


Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh Singkil, Syam'un, mengungkapkan bahwa pesawat yang akan melayani penerbangan direncanakan adalah Maskapai Susi Air. Tarif penerbangan diperkirakan berada di kisaran Rp 330.000 per orang, dengan jumlah kursi yang tersedia sebanyak 12 hingga 15 tempat duduk.


"Untuk tempat duduk 12-15 orang, direncanakan (pesawat) Susi Air, dengan ongkos berkisar Rp 330.000," ungkap Syam'un.


Meskipun jadwal penerbangan belum ditentukan, hal ini karena masih ada hal non-teknis yang sedang dalam tahap pembahasan.


Sebelumnya, Syam'un telah meminta Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Azmi, untuk menginstruksikan kepada pengusaha agar menggunakan pesawat terbang tersebut. Hal ini bertujuan agar tempat duduk terisi penuh sehingga rute penerbangan dapat ditambah.


Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi, menyambut baik pembukaan kembali penerbangan ini sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas daerahnya dengan wilayah lain. Ini diharapkan dapat menguntungkan baik bagi para wisatawan maupun pelaku bisnis yang datang ke daerahnya, karena tidak terkendala lagi oleh jarak tempuh yang jauh.


Sebelumnya, penerbangan terakhir ke Bandara Syekh Hamzah Fansuri terjadi pada tahun 2018, atau sudah 6 tahun lalu. Ketika itu, pesawat perintis Susi Air melayani rute Aceh Singkil-Banda Aceh.

Close Tutup Iklan