Iklan

Senin, 15 Mei 2023, 12.38.00 WIB
ACEH SINGKILPENDIDIKAN

Ratusan Pelajar Ikut OSN Kabupaten Aceh Singkil

Iklan
OSN Jenjang SD dan SMP Tingkat Kabupaten Aceh Singkil



Aceh Singkil - Ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Aceh Singkil. Senin (15/5/2023).


Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang sains serta mengembangkan prinsip budaya belajar.


Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil, Junaidi, mengatakan bahwa 150 pelajar yang mengikuti OSN terdiri dari 66 orang jenjang SD dan 99 orang jenjang SMP. Pembukaan acara OSN dilakukan di Gedung Seni Budaya setempat, namun pelaksanaan OSN jenjang SD digelar di UPTD SD Negeri Pulo Sarok dan jenjang SMP di SMP Negeri 1 Singkil.


Menurut Junaidi, para pemenang OSN tingkat kabupaten ini selanjutnya akan mengikuti ajang serupa tingkat Provinsi Aceh secara daring. "Pemenang OSN, selanjutnya akan mengikuti tingkat nasional secara langsung atau luring," ujarnya.


Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, menyatakan bahwa OSN adalah ajang untuk melatih mental juara. Ia mengatakan bahwa bagi siapa yang memiliki mental juara, pasti akan menjadi pemenang. "Karena mental juara bukan mimpi di siang bolong, tapi diraih melalui kerja keras," ujarnya.


Marthunis juga berharap agar panitia kegiatan ini melakukan evaluasi terhadap hasil dari OSN sehingga ada timbal balik yang bisa menjadi acuan melakukan perbaikan. "Anak-anak kita lemah di mana? Kita harus perbaiki, sehingga ada evaluasi dari pelaksanaan OSN," tukasnya.


Ia berharap bahwa pelajar Aceh Singkil yang menjadi juara OSN level kabupaten ini bisa berkompetisi di level provinsi dan nasional bahkan internasional ketika sudah memasuki jenjang pendidikan SMA nanti. "Untuk itu seluruh anak Aceh Singkil harus menguasai sains di atas rata-rata nasional," ujar Marthunis. "Insya Allah kalau seperti itu akan melahirkan pemimpin dari Aceh Singkil di level nasional bahkan internasional."

Close Tutup Iklan