Iklan

Sabtu, 18 Maret 2023, 16.24.00 WIB
PENDIDIKAN

SMP Muhammadiyah Singkil Wisuda 28 Siswa/i tahfidz Surat Al-Baqarah

Iklan



Sabtu (18/3/2023), SMP Muhammadiyah Singkil mengadakan kegiatan wisuda tahfidz Qur'an 1 juz surat Al-Baqarah yang diikuti oleh 28 siswa-siswi. Kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Singkil dan diadakan di halaman Masjid Taqwa Pasar Singkil.


Ketua Panitia, Siti Nurmala Sari, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi dan mengapresiasi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Singkil yang berhasil menghafal 1 juz surat Al-Baqarah. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Singkil, Ustadz Fajaruddin, juga menambahkan bahwa kurikulum yang dipakai di SMP ini adalah kurikulum Merdeka yang memperbolehkan siswa memilih pelajaran yang sesuai dengan bakatnya masing-masing.


"Kita mengarahkan siswa sesuai dengan minat dan bakatnya, yang suka pelajaran tahfidz akan kita arahkan ke tahfidz, demikian pula untuk siswa yang suka pelajaran olahraga kita arahkan ke bidang olahraga."Ucap Ustadz Fajaruddin.


Ia menambahkan, penilaian hafalan 1 juz untuk siswa-siswi SMP Muhammadiyah Singkil ini berbeda dengan musabaqah yang biasa dilakukan pada kegiatan serupa. Ketua pimpinan Muhammadiyah Cabang Singkil, Ustadz Azizar, menjelaskan bahwa penilaian dilakukan dengan cara meminta siswa-siswi untuk membacakan hafalan satu persatu dari ayat pertama sampai akhir surat Al-Baqarah. Karena itu, acara wisuda ini berlangsung selama dua hari dua malam.


Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, juga memberikan dukungannya terhadap kegiatan ini dan mengatakan bahwa pencarian generasi penghafal Al-Quran sangat penting untuk dilakukan, karena itu adalah salah satu pesan Nabi Muhammad SAW. 


kita berharap agar anak-anak yang mengikuti wisuda ini selalu mengamalkan Al-Quran dan Hadist, serta menjadi lulusan yang diakui secara bersama-sama. Di Aceh khususnya di Aceh Singkil, sangatlah penting adanya penghafal Al-Quran dan Hadist."Tutur Marthunis 


Kegiatan itu turut dihadiri pada acara tersebut adalah sejumlah tokoh seperti PDM H. Roswin Hakim, M.Pd, Ayahanda Pendiri /BTM Muhammadiyah Singkil H. Yusfit Helmi S.Pd, Ayahanda PCM Singkil Ust. Ajizar S.Ag, dan Ayahanda DIKDASMEN PCM Singkil Ust. Azwir Aziz S.Pd.I.


Dengan digelarnya kegiatan wisuda tahfidz Qur'an ini, diharapkan siswa-siswi SMP Muhammadiyah Singkil dapat menjadi generasi masa depan yang mengamalkan Al-Quran dan Hadist, serta menjadi penghafal Al-Quran yang dapat membanggakan negeri Singkil Batuah.

Close Tutup Iklan