Iklan

Selasa, 24 Januari 2023, 17.25.00 WIB
ACEH SINGKIL

Menjelang Akhir Januari 2023, APBK Aceh Singkil Belum Ada Titik Terang

Iklan

DPRK Aceh Singkil (Dok PENAACEH)

PENAACEH Singkil- Hingga menjelang akhir Januari 2023 belum juga ada titik terang pembahasan kembali Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Singkil.


Dua lembaga pemerintah di Aceh Singkil eksekutif dan legislatif belum terlihat serius membicarakan dilanjutkan pembahasan atau tidak.


Awal Januari 2023 lalu eksekutif yang ditandatangani Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis memohon agar Legislatif menjadwal dan pembahasan kembali, namun DPRK belum bersikap karena belum mendapatkan dasar yang kuat.


Beberapa waktu Amaliun menjelaskan kepada PENAACEH bahwa pihaknya sejatinya sedang menunggu balasan resmi yang sebelumnya mereka layangkan ke Kemendagri maupun pemerintah Aceh untuk memberikan kepastian boleh tidaknya melakukan pembahasan kembali.


"Dalam aturan tidak ada lagi waktunya, namun jika ada surat resmi dari Kemendagri dan Pemprov Aceh kami akan mengagendakan melalui Badan Musyawarah (Bamus) DPRK,"Katanya Senin (16/1/2023).


Pada saat pertemuan Pemprov Aceh dan Pimpinan DPRK pada 9 Januari 2023 lalu di Banda Aceh DPRK disarankan membahas kembali namun saran tersebut hanya sebatas lisan. 


"Kalau hanya lisan jelas kami tidak mau gegabah karena sejatinya yang kami butuhkan adalah secara tertulis agar menjadi dasar kami untuk mengagendakan pembahasan kembali,"


Amaliun mengatakan bahwa pihaknya sepakat APBK Aceh Singkil disahkan melalui Qanun dengan pertimbangan kepentingan rakyat namun harus berdasar sehingga tidak menjadi bumerang kepada mereka dibelakang hari.(Redaksi).

Close Tutup Iklan