Iklan

Minggu, 15 Januari 2023, 22.03.00 WIB
ACEH SINGKIL

Aspal Jembatan Handel Alami Keretakan Pada Sambungan Beton, Kadis PUPR Aceh Singkil: Akan Dipasang Expansion Joint

Iklan

Kepala Dinas PUPR Aceh Singkil, Erwinsyah Putra (Kiri) , Photo Aspal Jembatan Handel Retak Pada Bagian Sambungan Pilar (Kanan). 

PENAACEH Singkil- Jembatan Handel, Desa Rimo kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil alami keretakan pada aspal.


Keretakan tersebut terjadi tepat pada sambungan beton (oprit dan badan jembatan, dan di dua pilar jembatan).


Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Singkil Erwinsyah Putra mengatakan Keretakan aspal tersebut dikarenakan belum terpasang ekspansion Joint.


Erwin menjelaskan pada bagian sambungan tersebut pihaknya melalui kontraktor akan memasang Expansion Joint karena memang pemasangan itu setelah dilakukan setelah pengaspalan.


"Setelah diaspal akan dipasang Expansion Joint pada bagian sambungan. Oprit 2 dan pilar 2. Akan diperintahkan pekan depan, dikerjakan antara Rabu atau Jum'at,"katanya kepada PENAACEH, Minggu (15/1/2023).


Pengertian dari expansion joint atau siar muai adalah salah satu jenis sambungan yang digunakan untuk menyambung beton pada sebuah konstruksi jembatan. Dengan adanya sambungan tersebut, kendaraan dapat melintas secara aman di atas jembatan.


Contoh Pemasangan Expansion Joint (I).


Contoh Pemasangan Expansion Joint (II).


Expansion joint juga merupakan suatu upaya untuk mempertahankan bentuk struktur jembatan, akibat beberapa faktor yang membuat jembatan mungkin mengalami perubahan bentuk dengan adanya sambungan ekspansion, jembatan menjadi lebih siap untuk menerima beban dan mengakomodasi gerakan yang timbul.


Mengenai jenis-jenis expansion joint, ada yang terbuka dan ada pula tertutup.


Sambungan ekspansi terbuka

Expansion joint jenis ini menggunakan sistem drainase yang biasanya diletakkan pada bagian bawah sambungan. Pasalnya sambungan terbuka memungkinkan air untuk menerobos masuk ke dalam sambungan. Untuk menghindari air yang menetes dari atas jembatan, maka sistem drainase dibuat untuk mengumpulkan serta membawa air menuju pembuangan.


Sistem drainase pada sambungan ekspansi terbuka biasanya terbuat dari bahan anti karat serta berbentuk palung. Expansion joint terbuka dapat dibagi lagi menjadi dua, yaitu butt joint dan finger joint yang mempunyai banyak celah. Masing-masing mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Sebagai contoh, butt joint dapat digunakan pda jembatan dengan gerakan yang tidak terlalu besar, dengan gap maksimum 25 mm. Butt joint sendiri sudah tidak digunakan di negara barat karena tidak kedap air.

 

Di Indonesia masih menggunakan sambungan jenis ini terutama pada jembatan dengan bentang yang tidak terlalu panjang.Sementara itu, finger joint yang mempunyai banyak celah menyerupai jari-jari yang saling bertemu. Karena merupakan sambungan terbuka, maka diperlukan sistem drainase pada bagian bawah sambungan. Finger joint sendiri biasanya terbuat dari pelat baja.


Selanjutnya sambungan ekspansi tertutup

Jenis expansion joint yang satu ini banyak dipakai di Indonesia. Sesuai dengan namanya, sambungan ekspansi tertutup menggunakan penutup yang disebut seal. Seal untuk expansion joint tertutup terdiri dari beberapa jenis, mulai dari karet hingga bahan binder. Karena menggunakan sistem tertutup, maka sambungan ini tidak membutuhkan sistem drainase pada bagian bawah jembatan.


Sambungan ekspansi tertutup terbagi menjadi empat jenis, yaitu compression seal expansion joint, asphaltic plug joint, strip seal joint, dan modular joint. Masing-masing jenis sambungan mempunyai karakteristik yang berbeda serta penggunaan yang berbeda pula.


Sebagai contoh, compression seal expansion joint menggunakan bahan karet sebagai penutup sambungan (seal). Sementara itu asphaltic plug joint menggunakan bahan pengikat binder, angkur dan pelat baja sebagai pengisi pada sambungan jembatan. Sedangkan elastomer dan besi digunakan pada jenis strip seal joint.


Expansion joint merupakan sambungan yang biasa digunakan pada sebuah konstruksi jembatan. Sambungan ini mempunyai fungsi yang sangat besar, yaitu memastikan keamanan struktur jembatan. Expansion joint sendiri mempunyai beragam jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.(Idrus).

Close Tutup Iklan