Iklan

Rabu, 16 November 2022, 17.46.00 WIB
ACEH SINGKIL

Sektor Kelautan, Eksekutif Aceh Singkil Usulkan Pembiayaan Pendangkalan Kuala Pada Anggaran 2023

Iklan

Pj Bupati Aceh Singkil (Dok PENAACEH)

PENAACEH Singkil- Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis mengatakan pihaknya memasukkan program penyelesaian pendangkalan kuala yang selama ini menjadi keluhan para nelayan di Aceh Singkil.


Adapun Kuala yang akan menjadi atensi eksekutif adalah Kuala di kecamatan Kuala Baru, Kuala Gabi di kecamatan Singkil dan Kuala di Anak Laut kecamatan Singkil Utara.


Dalam dokumen Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2023, untuk sektor kelautan eksekutif usulkan program pemeliharaan alur pelayaran atau kuala (di Kuala Baru, Kuala Gabi dan Kuala Anak Laut).


Hal itu di sampaikan Marthunis saat menjawab pertanyaan salah satu anggota dewan dalam rapat mendengarkan penjelasan Pj Bupati terhadap Hak Interplasi, Senin (14/11/2022) di Gedung DPRK Aceh Singkil.


Marthunis menyadari pembiayaan persoalan Kuala tersebut jika hanya dibebankan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2023 belum terlalu maksimal namun setidaknya untuk langkah awal dapat menjawab keluhan masyakarat selama ini terutama nelayan Aceh Singkil.


Sementara untuk jangka panjang kata dia, penyelesaian Kuala di kabupaten Aceh Singkil diperlukan projects besar yang danai dari Provinsi maupun Pusat. 


"Saat ini sedang kita susun dan akan kita usulkan yang tentunya diharapkan dapat dukungan dari semua pihak termasuk legislatif,"Kata Marthunis.


Muara dari projects besar (Industri) ini kata dia untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat terkhusus kepada nelayan. (Idrus).

Close Tutup Iklan