Iklan

Kamis, 04 Agustus 2022, 22.12.00 WIB
PERISTIWA

Rumah Warga Aceh Singkil Terancam Ambruk Ke Sungai, Pemda Diharapkan Buat Bronjong

Iklan

Abrasi terjadi di bibir sungai Cinendang di Desa Silatong, kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, Kamis (4/8/2022). (For PENAACEH)

PENAACEH Singkil- Curah hujan tinggi di Aceh Singkil khusus di kecamatan Simpang Kanan ,Aceh Singkil membuat terjadi abrasi di bibir Sungai Cinendang. Hal itu membuat sejumlah rumah warga di Desa Silatong terancam ambruk.


"Hampir tinggal satu meter lagi (jarak) jurangnya itu dengan dapur rumah warga. Untuk posisi ini tadi ada tiga rumah," kata Kepala Desa Silatong, Habibi Bancin Kamis (4/8/2022).


Abrasi itu kata Habibi terjadi hari ini akibat curah hujan yang tinggi, lama kelamaan semakin terkikis hingga ambruk ke dasar sungai. "Sedikitnya ada tiga rumah yang yang terancam ambruk,"Ungkapnya.


Kondisi seperti itu sudah berlangsung bertahun-tahun namun hari ini abrasinya lebih parah. Pemerintah desa setempat sudah berupaya meminta Pemkab Singkil menganggarkan untuk pembangunan bronjong.  


Rumah - rumah warga disini langsung berdampingan dengan sungai Cinendang dan cukup berisiko ambruk ke sungai. "Sebetulnya persoalan ini sudah kami usulkan ke Pemda agar di buat semacam bronjong.namun belum diindahkan, hingga saat ini,"Katanya.


Pun demikian, kami belum putus asa berharap, belum dapat diakomodasi pemerintah sebelumnya. Besar harapan kami bisa di akomodasi Pj Bupati Aceh Singkil untuk di masukan dalam APBK Perubahan 2022 atau pada APBK induk 2023

 

Close Tutup Iklan