Iklan

Minggu, 03 Juli 2022, 18.27.00 WIB
ACEH SINGKIL

Gelombang Tinggi di Aceh Singkil Hantam Pondok Objek Wisata PCI

Iklan

Ombak menerjang Pondok Objek Wisata Pantai Cemara Indah (PCI) Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil.Minggu (3/7/2022).

PENAACEH Singkil- Gelombang pasang melanda perairan di wilayah Desa Gosong Telaga Selatan, kecamatan Singkil Utara. Ombak besar dari laut hantam pondok pedagang hingga ke jalan pantai, Minggu (3/7/2022).


Kejadian itu mengakibatkan sejumlah pondok terancam roboh akibat terpaan ombak besar itu.


Selain ombak pasang laut itu, abrasi yang terjadi di pantai itu juga sudah lama mengikis bibir pantai dan mengancam keberadaan pantai.


Salah seorang petugas pantai, Supardi, mengatakan hal itu sudah lama terjadi namun hingga kini belum ada tindakan nyata untuk menanggulanginya.


"Hal ini sudah sering terjadi, ombak laut menerpa pondok pedagang hingga sampai ke jalan", katanya.


Selain itu, kata dia, abrasi yang terjadi sudah menahun itu pun semakin mengikis bibir pantai sehingga jika dibiarkan berlarut - larut bibir pantai akan semakin kecil.


Supardi meminta agar Pemerintah segera mencari solusi untuk menanggulangi itu.

"Kita sudah pernah mengusulkan untuk penanganan itu kepada dinas terkait, namun belum ada realisasinya hingga saat ini", jelasnya.


Dari catatan PENAACEH bahwa gelombang besar menerjang PCI tersebut sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Pada Oktober 2019 dan Mei 2020.


Dokumentasi Oktober 2019 (Pohon tumbang dan pondok PCI Rusak)


Dokumentasi Mei 2020 (Pondok PCI Rusak Parah)



Kala itu, pohon - pohon bertumbangan dan pondok Objek Wisata rusak parah dihantam gelombang besar, atas penomena itu pedagang merugi.

Close Tutup Iklan