Iklan

Kamis, 26 Mei 2022, 21.13.00 WIB
PENDIDIKAN

Universitas Serambi Mekah dan Disdikbud Aceh Singkil Seleksi Puluhan Beasiswa KIP Kuliah

Iklan

Puluhan calon mahasiswa baru Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh jalur KIP Kuliah ikuti ujian tulis di gedung kesenian, Pulo Sarok, kecamatan Singkil, Aceh Singkil Kamis (26/5/2022). 

PENAACEH Singkil- Pemerintah Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  mulai gelar seleksi beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah program kerjasama Aceh Singkil dengan Universitas Serambi Mekkah (USM), Banda Aceh, Kamis (26/5/2022).


Seleksi yang dilaksanakan di gedung kesenian itu diikuti sebanyak 90 peserta; mereka adalah siswa SMA/Sederajat lulusan tahun 2021 dan tahun 2022.


Pantauan PENAACEH pelaksanaan seleksi itu dihadiri tim USM dipimpin Koordinator beasiswa yang juga Plt. Wakil Rektor IV USM Dr. Jalaluddin Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah beserta jajarannya.


"Beberapa bulan lalu USM dan Pemda Aceh Singkil menandatangani MoU kontribusi beasiswa jalur KIP tahun 2022, USM kemudian memberikan kuota sementara sebanyak 50 orang,"Kata Koordinator Beasiswa yang juga sebagai Plt Wakil Rektor IV USM Banda Aceh, Dr. Jalaluddin.


Hari ini pihak USM langsung melakukan ujian tulis, wawancara serta konfirmasi komitmen pilihan jurusan kepada peserta di fasilitas oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil.Katanya.


Ada dua puluh tiga program studi dimiliki USM dari enam fakultas yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Ekonomi dan semua telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.


Jalaluddin mengatakan bagi peserta yang lulus nantinya akan diberikan Rp 7 juta persatu semester serta SPP melalui KIP yakni program pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Maka dari itu karena program tersebut diperuntukkan Kepada masyakarat miskin yang berprestasi kami berinisiatif jemput bola ke daerah memudahkan peserta agar dapat menghemat biaya ke Banda Aceh. "Mereka ke Banda Aceh nantinya langsung Kuliah,"Katanya.


USM menargetkan kuota program KIP Kuliah tersebut bagi masyarakat kurang mampu di Aceh sebanyak 1.000 orang sebagai bentuk upaya mencerdaskan generasi khusus Aceh.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah mengucapakan terima kasih kepada pihak USM yang telah memberi kesempatan kepada calon mahasiswa asal Aceh Singkil mengikuti program beasiswa tahun 2022.


Dalam kesempatan itu Khalilullah berharap program kerjasama tersebut dapat berkelanjutan dan dapat memperluas kerjasama tidak hanya sebatas beasiswa KIP kuliah, termasuk bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.


Kepada peserta Khalilullah berpesan agar sungguh - sungguh mengikuti seleksi dan memberikan informasi dengan jujur terkait kondisi status ekonomi orang tua.


"Bila lulus dan ditetapkan sebagai penerima beasiswa KIP kami berpesan mengikuti kuliah nantinya tekun dan rajin sehingga  berprestasi yang dapat membahagiakan orang tua dan daerah,"Katanya.


Khalilullah juga berpesan selama kuliah aktif juga berbagai kegiatan intra dan ekstra kampus untuk pengembangan diri. Terakhir dia berpesan yang lulus senantiasa menjaga nama baik orang tua dan marwah Aceh Singkil sebagai penghormatan kepada ulama Syekh Abdurrauf As - Singkili.

Close Tutup Iklan