Iklan

Rabu, 16 Maret 2022, 15.59.00 WIB
HUKUM

Kejari Aceh Singkil Launching Rumah RJ di Kampung Gosong Telaga Selatan

Iklan


 




PENAACEH Singkil- Kejaksaan Negeri Aceh Singkil launching Kampung Restorative Justice (RJ) yakni Kampung Gosong Telaga Selatan, kecamatan Singkil Utara, Rabu (16/3/2022).

Launching program rumah RJ itu dilaksanakan secara virtual seluruh Indonesia di buka Kepala Jaksa Agung RI , Prof. Dr. H. ST. Burhanuddin berlangsung di Aula Gedung Olahraga, Gosong Telaga Selatan.

Hadir dalam acara itu Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Kajari Aceh Singkil Muhammad Husaini, Dandim 0109 Aceh Singkil, Letkol Czi Rizal Desriansyah M.TR Han, Kapolres Aceh Singkil AKBP Iin Maryudi Helman, Ketua DPRK Aceh Singkil, Hasanudin Aritonang, Ketua Pengadilan Negeri Aceh Singkil di wakili Hakim, Ramadhan.

Kemudian Ketua Mahkamah Syar'iyah Singkil Baktiar, Ketua MAA Aceh Singkil, Zakirun Pohan ,Para Camat Aceh Singkil, sejumlah kepala Kampung Aceh Singkil dan undangan lainnya.

Adapun fungsi Rumah RJ tersebut nantinya akan memfasilitasi upaya - upaya hukum yang sekiranya bisa diambil langkah RJ tanpa harus mengambil langkah litigasi atau penyelesaian masalah hukum melalui jalur pengadilan.

Melalui pendekatan RJ mengedepankan cara persuasif untuk mengembalikan keadaan semula melibatkan pelaku, korban, perangkat desa dan forum muspika serta forkopimda.

Dalam peresmian rumah RJ itu Kejari Aceh Singkil menghadirkan perkara pencurian kambing yang dapat di selesaikan Jaksa melalui jalur RJ antara pelaku dan korban.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dalam arahannya mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak Jaksa yang telah menyelesaikan permasalahan yang di hadapi ini dengan bijak dan baik.

Kami juga memohon kepada aparat hukum agar masalah yang bisa di selesaikan secara kekeluargaan bisa di pilah dan di selesaikan secara kekeluargaan dengan baik sehingga tidak timbul permasalahan yang lain.

Kepada tersangka Bupati berpesan agar tidak lagi mengulangi pencurian yang di lakukan. "Jadikan iktibar atas perkara yang menimpa bapak,"Katanya.
Close Tutup Iklan